• Jelajahi

    Copyright © antena.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan Pemda




    Berikut Tulisan Laporan Jurnalistik Dari Siswa SMPN 2 Siantan

    antena
    13/03/22, 11:44 WIB Last Updated 2022-03-13T04:44:48Z
    masukkan script iklan disini
    (Foto bersama usai pelatihan menulis sastra dan jurnalistik Siswa SMPN 2 Siantan)

    Laporan: Cheysia Septiani Tambunan (kelas VIII.I) Siswi SMPN 2 Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas.

    Hari ini pada tanggal 12 Maret 2022 SMP Negeri 2 Siantan mengadakan "pelatihan menulis sastra dan jurnalistik". Acara yang dihadiri oleh 21 siswa dan dua guru tersebut diselenggarakan di ruang TIK SMPN 2 Siantan.

    Bapak Hasan Asphani, Bapak Jasman Bandul dan Bapak Fitra Hadi selaku narasumber. Ibu Yunita Rahmadanis selaku ketua panitia dan pembaca doa yang dibawakan oleh Rendy Alfiansyah dari kelas IX.I

    Acara tersebut dibuka oleh pidato Pak Tony Karnain, Ph.D selaku Kabid PTK Dinas Pendidikan Kabupaten Kepulauan Anambas yang menjelaskan tentang keterampilan menulis yang akan dibawa sampai ke jenjang pendidikan tertinggi. Ia juga menjelaskan akibat Corona (Covid-19) krisis belajar terjadi di seluruh dunia.

    Acara tersebut disambung oleh pidato Ibu Yunita Rahmadanis selaku ketua panitia.Ia menjelaskan tentang puisi, bagaimana cara membuat puisi yang baik, serta jenis-jenis puisi.

    Acara tersebut sedikit tertunda karena area sekitaran SMPN 2 Siantan sedang mengalami mati lampu.

    Kurang lebih pada pukul 14:30 Bapak Fitra Hadi selaku narasumber membagikan beberapa informasi kepada siswa-siswi (peserta) yang hadir tentang unsur-unsur berita yang baik.

    Ia juga menerangkan bahwa sekarang untuk menerbitkan cerpen/novel tidaklah sulit, hal itu dikarenakan dapat dilakukan dengan bantuan beberapa aplikasi, contohnya aplikasi wattpad.


    Laporan: Agus Nila ( kelas VIII.II) Siswi SMPN 2 Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas.

    Pada hari Sabtu tanggal 12 Maret tahun 2022 dari ruang TIK SMPN 2 Siantan yang sedang melaksanakan kegiatan pelatihan menulis sastra dan jurnalistik yang diselenggarakan langsung oleh sanggar sastra SMPN 2 Siantan.

    Pada kegiatan hari ini, dibuka oleh bapak, TOny Karnain, Ph.D selaku Kepala Bidang PTK Dinas Pendidikan Kabupaten Kepulauan Anambas, beliau menyampaikan satu atau dua kata sambutan siswa yang mengikuti pelatihan jurnalistik pada hari ini.Tak hanya kata sambutan namun pak Tony Karnain pun menjelaskan tentang dampak corona siswa dan guru.

    Kemudian acara dilanjutkan dengan menyampaikan sepatah pembukaan oleh ketua panitia yang menyelengarakan kegiatan yaitu ibu Yunita Rahmadanis.

    Kegiatan pada hari inipun agak terbatas karena mengingat listrik yang padam sejak dimulainya acara.

    Kegiatan selanjutnya beragam dimulai dari penjelasan tentang puisi dan cerpen yang dijelaskan langsung oleh ibu Yunita Rahmadanis, S.Pd dan ibu Nova Attalina, S.Pd. 

    Kegiatan lanjutan yaitu acara yang dipimpin langsung oleh bang Fitra Hadi yang sedikitnya menjelaskan bagaimana jurnalistik dan cara menanggulangi hoax dan bagaimana cara kita orang awam untuk tau berita di sosmed yang hoax dan berita yang benar nyatanya.


    Laporan: Nabilatul Afifah, Siswi SMPN 2 Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas.

    Pada hari ini, Selasa tanggal 12 Maret 2022 SMPN 2 Siantan, melaksanakan kegiatan pelatihan menulis sastra dan jurnalistik di ruang lab TIK SMPN 2 Siantan.

    Kegiatan pelatiha ini diselenggarakan oleh SMPN 2 Siantan dengan selaku Ketua Panitia ibu Yunita Ramadanis.

    Kegiatan dimulai pukul 08.00 WIB dan diikuti oleh 21 siswa SMPN 2 Siantan.

    Diawali dan pembukaan yang bersi nyanyian lagu Indonesia Raya, pembacaan doa dilanjutkan dengan sambutan dari Ibu Yunita Rahmadanis selaku ketua panitia dan narasumber oleh Bapak Toni Karnain, Ph.D selaku Kabid PTK Dinas Pendidikan Kabupaten Kepulauan Anambas yang membahas dampak virus yang sedang merajarela di dunia, sehingga berpengaruh di dunia pendidikan serta beliau menjadi tokoh yang meresmikan acara pelatihan ini.

    Kemudian istirahat dan dilanjutkan dengan pembahasan materi mengenai komponen penting di dalam puisi oleh ketua panitia serta pembahasan materi mengenai suatu berita dan upaya menangkal berita hoax oleh Bapak Fitrahadi selaku jurnalis Kabupaten Kepulauan Anambas.

    Kegiatan ini dapat berlangsung dengan baik meski terjadi pemadaman listrik.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini