• Jelajahi

    Copyright © antena.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan Pemda




    Peduli HIV/AIDS, Dinkes Anambas Sediakan Pelayanan Terintegrasi Secara Profesional

    03/04/24, 14:52 WIB Last Updated 2024-04-10T12:39:18Z
    masukkan script iklan disini

    Sekretaris Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Kepulauan Anambas, Islam Malik ( kiri), Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Feri Oktavia (tengah), di Tarempa, 03 April 2024.

    Anambas, antena.id - Untuk mencegah dan pengendalian penyakit menular HIV/AIDS, Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Kepulauan Anambas akan terus berupaya berkerjasama menekankan penguatan lintas sektor.


    Sekretaris Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Kepulauan Anambas, Islam Malik, mengatakan penguatan lintas sektor merupakan upaya dalam minimalisir kasus HIV/AIDS, terlebih dalam pengetahuan dan pencegahan dari penularan HIV yang dilakukan melalui sosialisasi dan edukasi.

    " Dengan pengetahuan sosialisasi dan edukasi tersebut nantinya masyarakat dapat mengetahui secara luas pentingnya deteksi dini melalui tes screening HIV," sebut, Sekretaris Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Kepulauan Anambas, Islam Malik, saat dikonfirmasi antena.id diruang kerjanya, di Tarempa, Rabu, 03 April 2024.

    Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Kepulauan Anambas, Feri Oktavia mengatakan pelayanan Voluntary Counseling and Testing (VCT) HIV/ AIDS di daerah ini sangat penting diketahui oleh masyarakat untuk mendapatkan informasi dan konsultasi kesehatan yang telah terintegrasi dan dijaga kerahasiaanya.

    Tes screening di layanan Klinik VCT Tarempa juga dilakukan dengan menawarkan tes HIV atas inisiatif petugas kesehatan (TIPK) kepada ibu hamil, pasien TB dan Hepatitis B atau C, pasien IMS dan pasangan ODHA, pelayanan ini telah tersedia petugas kesehatan terlatih secara profesional.

    Selain pelayanan VCT, Feri Oktavia mengatakan program Laskar Deteksi Dini HIV/AIDS (Laskar DIVA) dan Aplikasi DIVA ( Tempat amanah diskusi HIV/ AIDS) juga memiliki ruang khusus yang dapat diakses dan dimanfaatkan oleh masyarakat melalui konsultasi secara online, yaitu tamandiva.com.

    Program  tersebut telah mendapatkan dukungan Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris dengan penandatanganan komitmen bersama stakholder di tahun lalu.

    Pihaknya berharap dengan pelayanan kesehatan itu masyarakat tidak perlu khawatir saat melakukan tes screening HIV/AIDS, kedepan tetap dilakukan edukasi dan sosialiasi kepada seluruh masyarakat pentingnya pengetahuan HIV dan pencegahan dari penularan HIV dan melakukan tes deteksi dini agar cepat mendapatkan perawatan obat ARV.

    Lebih lanjut ia mengatakan orang dengan HIV/AIDS (ODHA) tidak ada bedanya dengan penyakit menular lainnya, mereka juga punya hak dengan kesempatan yang sama dengan orang yang menderita penyakit serius lainnya.

    (Fai)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini