• Jelajahi

    Copyright © antena.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan Pemda




    Kewenangan Penambahan Kuota Baru Program Beasiswa di Anambas Beralih

    26/01/24, 14:41 WIB Last Updated 2024-01-26T07:41:02Z
    masukkan script iklan disini

    Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah, Kepulauan Anambas,  Saiful Lizan saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Tarempa, Kamis, 25 Januari 2024.

    Anambas, antena.id - Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas setiap tahunnya membuka seleksi beasiswa berprestasi atau beasiswa penuh kepada siswa-siswi yang telah lulus pendidikan SMA sederajat. Namun beberapa tahun terakhir beasiswa itu tidak lagi dilanjutkan.


    Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kepulauan Anambas, Tony Karnain membenarkan terkait beasiswa tersebut tidak lagi naungan pemerintah daerah namun sepenuhnya telah dialihkan di Provinsi Kepulauan Riau.

    "Oleh karena peralihan kewenangan SMA dialihkan ke propinsi. Maka beasiswa bagi anak untuk melanjutkan kuliah sudah otomatis berada di propinsi, bagian kesra. Daerah tidak lagi punya wewenang untuk itu," sebut, Kadis Disdikpora Kepulauan Anambas, Tony Karnain, saat dikonfirmasi, Tarempa, Jumat, 26 Januari 2024.

    Selain itu kata dia, rekrutmen kuota baru program beasiswa berprestasi terhenti disebabkan peralihan wewenang, terakhir penerimaan kuota beasiswa berprestasi penuh dilaksanakan di tahun 2020 di Kepulauan Anambas.

    Sementara itu, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah, Kepulauan Anambas,  Saiful Lizan, mengatakan program beasiswa penuh berprestasi itu sebelumnya telah dijalankan selama ini dari Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga Kabupaten Kepulauan Anambas.

    "Karena keterbatasan kewewenangan, sekarang ini beasiswa itu berada di Provinsi Kepulauan Riau," sebut, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah, Kepulauan Anambas,  Saiful Lizan saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Kamis, 25 Januari 2024.

    Saiful Lizan, mengutarakan program beasiswa penuh berprestasi itu telah dijalankan selama ini sejak tahun 2017 lalu dari Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga Kabupaten Kepulauan Anambas.

    Namun untuk tahun 2021 program tersebut kini ditangani dan dilimpahkan ke sekretariat daerah pada Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra).

    " Dari Kesra hanya melanjutkan beasiswa yang sudah Mou terdahulu, tidak ada penambahan kuota baru tapi hanya menyelesaikan," sebutnya.

    Ia mengatakan beasiswa berprestasi disalurkan kepada putra-putri terbaik yaitu jurusan kedokteran, pariwisata, dan keagamaan dari enam universitas. Salah satunya di universitas termuka Indonesia yakni Universitas Indonesia ( UI ) dan Universitas Riau ( UIR).

    " Di Universitas Indonesia (UI) sebanyak satu orang jurusan kedokteran, Universitas Riau sebanyak tiga orang jurusan kedokteran, Universitas Batam (UNIBA) sebanyak lima orang jurusan kedokteran, Batam Tourism Polytechnic sebanyak empat belas orang jurusan pariwisata, Quran Center sebanyak dua orang, STIT Hidayatullah Batam sebanyak empat belas orang," terangnya.

    Menurutnya, Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang kedokteran di Kepulauan Anambas masih minim, namun penambaham kuota baru beasiswa berprestasi penuh itu belum boleh dilakukan, semua itu berada di kewenangan pihak provinsi.

    Sementara itu kata dia, setiap tahun Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas menyalurkan anggaran program beasiswa ini lebih kurang sebesar Rp. 2,5 miliar untuk semua jurusan, anggaran paling banyak di bidang kedokteran.

    Selain itu, program beasiswa pendidikan merupakan visi misi Bupati Kepulauan Anambas untuk meningkatkan sumber daya manusia yang unggul dan siap bersaing.

    Lanjut ia mengatakan harapan kedepan dengan meningkatkan pendidikan yang lebih baik bagi putra putri daerah Kabupaten Kepulauan Anambas, nantinya mampu memberikan kontribusi kepada daerahnya dalam pembangunan, meningkatkan perekonomian, serta dapat membantu keluarganya dalam kesejahteraan.

    "Mereka sebagai putra putri terbaik Kepulauan Anambas, sebagai mahasiswa berprestasi di daerah ini kuliah sebaik-baiknya karena sudah dibiayai oleh Pemda, harapan kita setelah mereka menyelesaikan kuliahnya kembali ke daerah untuk membangun daerah ini," ucapnya.

    (Fai)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini