• Jelajahi

    Copyright © antena.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan Pemda




    Proyek Pembangunan Pelabuhan Penyeberangan di Pulau Siantan Bakal Dibangun

    04/06/24, 19:00 WIB Last Updated 2024-06-06T05:09:48Z
    masukkan script iklan disini

    Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI melalui Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Provinsi Kepri, saat berada di Kabupaten Kepulauan Anambas dalam Perencanaan Pembangunan Pelabuhan Penyeberangan, di Teluk Rit, Desa Tarempa Timur. Selasa, 04 Juni 2024. ( Foto: Faidillah/antena.id)

    Anambas, antena.id - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI melalui Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Provinsi Kepri, Dini Kusumahati, menyebut perencanaan proyek pembangunan pelabuhan penyeberangan di Teluk Rit, Desa Tarempa Timur, Kabupaten Kepulauan Anambas bakal dibangun dengan nilai anggaran Rp. 25 miliar.


    " Melihat kesiapan pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas, kita sudah merencanakan bersama- sama dari pemerintah kabupaten, pemerintah provinsi dan pemerintah pusat mengenai pelabuhan penyeberangan," ucap Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Provinsi Kepri, Dini Kusumahati, di Tarempa, Selasa, 04 Juni 2024.

    Dini Kusumahati, mengatakan, Kepulauan Anambas adalah salah satu gugus kepulauan terluar di Indonesia. Kabupaten yang terdiri dari 255 gugus pulau diantaranya 26 pulau yang berpenghuni, terkait hal itu tentunya mereka sangat membutuhkan akses transportasi laut yang memadai dengan adanya pelabuhan penyeberangan.

    Masih kata dia, tujuan pembangunan pelabuhan penyeberangan tersebut untuk menghubungkan akses transportasi antar pulau di Kepulauan Anambas terlebih meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

    " Sejauh ini Kabupaten Kepulauan Anambas, untuk pelabuhan penyeberangan baru di Letung (Pulau Jemaja) dan Pulau Palmatak," ucapnya.

    Lanjut lagi ia mengatakan, jika Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas sudah menyiapkan penyusunan perencanaan pembangunan itu semua, maka pihaknya akan mengusulkan anggarannya.

    " Sementara untuk pagu anggaran proyek pelabuhan penyeberangan dan kita hanya menambahkan dermaga plesengan. Bukan hanya sekedar jadi pelabuhan penyeberangan namun juga untuk pelabuhan bongkar muat barang, itu yang diinginkan oleh pemda," sebutnya.

    Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup (Dishub-LH) Anambas, Abdul Kadir, mengaku, dalam perencananan pembangunan penyeberangan di Kepulauan Anambas sejauh ini sudah disiapkan oleh pihaknya.

    " Langkah awal dalam persiapan proyek itu, kita sudah menyiapkan DED, dan lahan sudah dipersiapkan semuanya." sebutnya.

    (Fai)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini