• Jelajahi

    Copyright © Antena.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan Pemda

    Pemkab Anambas Berikan Beasiswa Kedokteran, Berikut Syaratnya

    11/06/20, 15:44 WIB Last Updated 2020-06-14T21:52:02Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini
    Peserta yang mengikuti ujian seleksi beasiswa penuh dari Kabupaten Kepulauan Anambas
    Antena.id, Tarempa--Tidak tanggung-tanggung ada tiga jurusan yang disediakan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas yaitu beasiswa S1 kedokteran umum, S1/D4 bidang pariwisata dan S1 bidang keagamaan.

    Dari ketiga jurusan itu diperuntukkan Untuk siswa-siswi tempatan, lulusan SMA sederajat.

    Jurusan kedokteran menjadi jurusan yang paling bergengsi. Selain mengutamakan kemampuan akademik, jurusan ini hanya tersedia untuk 5 orang saja.

    "Untuk satu orang saja, jurusan kedokteran ini sekitar 360 juta. Ini include uang pembangunan, biaya hidup dan uang SPP semester selama dua semester dalam setahun," jelas Pardan Kepala Bidang Pendidik dan Tenaga Pendidik Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Kabupaten Kepulauan Anambas. Rabu, 10 Juni 2020.

    Untuk 5 kuota jurusan kedokteran, Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas telah menyediakan anggaran tahun pertama lebih kurang 1,8 miliar pada tahun 2020.

    Universitas Batam (UNIBA) dipilih Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas untuk jurusan kedokteran karena dianggap memiliki fasilitas yang lengkap. Selain lengkap, universitas UNIBA ini telah meraih akreditasi B.

    "Kelulusan diserahkan ke pihak kampus
    Kedokteran UNIBA. Ini tahun ke tiga program beasiswa kedokteran. Untuk kedokteran wajib jurusan IPA. Kalau jurusan lainya bebas," terangnya.

    Pardan menyampaikan, seleksi ketiga jurusan beasiswa kali ini tidak berdasarkan rangking. "Ini pertimbangan Bapak Bupati, Untuk memberikan kesempatan kepada semua siswa-siswi mengikuti seleksi. Selama ini prestasi sekolah juga tidak menjadi jaminan. Bisa saja karena ada kesempatan beasiswa, mereka termotivasi belajar," tambahnya.

    Untuk soal ujian seleksi, dikatakan Pardan dipersiapkan oleh masing-masing kampus. "Kampus yang membuat soalnya, agar tidak ada nepotisme, keputusan kelulusan diserahkan ke kampus," tegasnya.

    Tiga jurusan tersebut, diantaranya S1/D4/D3, Batam Tourist Politechnic (BTP) 10 orang, S1 Kedokteran Universitas Batam (UNIBA) 5 orang dan S1 Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah sebanyak 10 orang.

    Bagi siswa-siswi yang berhasil lolos dari ketiga jurusan beasiswa penuh, nantinya wajib menyelesaikan pendidikan tepat waktu. Jika tidak, ada sanksi yang menanti. Mereka harus membayar segala biaya yang telah dikeluarkan.(Pang).
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini