• Jelajahi

    Copyright © antena.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan Pemda




    BMKG Anambas Beri Peringatan Potensi Cuaca Ekstrem

    04/12/21, 19:10 WIB Last Updated 2021-12-08T12:16:02Z
    masukkan script iklan disini
    Foto: istimewa

    Anambas, Antena.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas III Tarempa, memberi peringatan kepada pengguna transportasi laut untuk waspada akan adanya potensi cuaca ekstrem khususnya seminggu kedepan, Jumat (03/12/2021).


    Kepala BMKG Kelas III Tarempa, Sirajul Munir mengatakan, himbauan dikeluarkan BMKG kepada masyarakat terutama bagi para operator kapal, nelayan dan masyarakat pengguna transportasi laut untuk selalu waspada terhadap kondisi cuaca saat ini, 


    "Kepada masyarakat Anambas yang melakukan aktivitas di laut, agar selalu waspada terhadap gelombang tinggi saat ini, untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan, dan selalu memperhatikan himbauan2 dari pihak terkait yang kompeten," katanya.


    Sirajul Munir juga menghimbau, selain potensi gelombang tinggi, cuaca ekstrem yang tidak menentu juga harus diwaspadai.


    "Waspada juga terhadap potensi hujan dengan intensitas sedang yang dapat disertai petir dan angin kencang," himbau Sirajul Munir. 



    Berikut perkiraan gelombang signifikan tanggal 01 s.d 07 Desember 2021


    Gelombang di Perairan dan Laut sebelah barat Kalbar seminggu ke depan secara umum gelombang berkisar antara 1 sampai 7 Meter (M) kategori tenang sampai ekstrem. 


    •Pada Periode tanggal 13 Desember 2021, tinggi gelombang antara 1.25 2.5 meter (Kategori Sedang) berpeluang terjadi di Laut Natuna. 


    •Tinggi gelombang 2.5 - 4 meter (Kategori Tinggi) berpeluang terjadi di Perairan selatan Kep. Anambas, Perairan utara Kep. Anambas, Perairan barat Kep. Natuna, Perairan selatan Natuna P. Midai, Perairan Subi - Serasan, dan Perairan Singkawang- Sambas bagian utara. 


    •Tinggi gelombang 4 - 6 m (Kategori Sangat Tinggi) berpeluang terjadi di Perairan utara Kep. Natuna. 


    •Tinggi gelombang > 6.0 meter (Kategori Ekstrem) berpeluang terjadi di Laut Natuna Utara.


    Sementara itu, untuk periode tanggal 4 - 8 Desember 2021 sebagai berikut.


    •Tinggi gelombang antara 1.25 -2.5 meter (Kategori Sedang) berpeluang terjadi di Perairan Pontianak - Mempawah, Perairan Ketapang, Perairan Kendawangan, dan Perairan Kep. Karimata. 


    •Tinggi gelombang 2.5 4 meter (Kategori Tinggi) berpeluang terjadi di Perairan selatan Kep. Anambas, Perairan utara Kep. Anambas, Perairan barat Kep. Natuna, Perairan selatan Natuna - P. Midai, Laut Natuna, dan Perairan Singkawang - Sambas. (Fy)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini