• Jelajahi

    Copyright © antena.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan Pemda




    Tingkatkan Literasi Generasi Muda Anambas, Perpustakaan Daerah Gelar Lomba Bertutur

    31/05/22, 18:54 WIB Last Updated 2022-05-31T11:54:40Z
    masukkan script iklan disini
    Dalam rangka mendukung peningkatan literasi di Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA), Perpustakaan Daerah (Perpusda) menggelar lomba bertutur tingkat SD/MI tahun 2022. Kegiatan itu dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Anambas, Sahtiar. Selasa, 31 Mei 2022.


    Anambas, antena.id - Dalam rangka mendukung peningkatan literasi di Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA), Perpustakaan Daerah (Perpusda) menggelar lomba bertutur tingkat SD/MI tahun 2022. Kegiatan itu dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Anambas, Sahtiar. Selasa, 31 Mei 2022.


    Sahtiar menyampaikan bahwa untuk mewujudkan budaya minat baca di masyarakat, Pemkab Anambas secara serius mengusahakan berbagai upaya, salah satunya melalui pelaksanaan program kegiatan di Perpusda melalui kegiatan lomba bertutur yang dilaksanakan setiap tahunnya. 


    "Dengan adanya lomba bertutur ini diharapkan dapat menumbuhkan minat dan kegemaran membaca anak-anak serta kecintaan terhadap karya budaya bangsa, kegiatan ini juga tentunya akan mengangkat dan mempopulerkan buku-buku cerita budaya daerah yang mengandung nilai-nilai kebudayaan serta membangun karakter bangsa", ucap Sahtiar kepada media antena.id, Selasa, 31 Mei 2022. 


    Sementara itu, Kepala Perpusda KKA, Reny Perdayanti, menyampaikan bahwa para peserta lomba hari ini merupakan utusan dari masing-masing Korwil Pendidikan yang ada di setiap kecamatan. 


    "Sosialisasi lomba mulai dilaksanakan sejak awal tahun 2022 oleh perpustakaan daerah di seluruh korwil se-Kabupaten (Anambas). Sehingga para peserta yang berlaga hari ini adalah utusan terbaik dari masing-masing korwil", kata Reni. 


    Reni Perdayanti juga menambahkan bahwa, "Pelaksanaan Lomba Bertutur hari ini berjalan dengan lancar dan seluruh peserta telah menunjukkan penampilan terbaik yang dimiliki. Seluruh peserta tampak begitu bersemangat, sangat menarik dan sangat menghibur para penonton", sebutnya. 


    Lanjut dia mengatakan, melalui proses penilaian yang sangat ketat oleh Dewan Juri yang terdiri atas Sarman Galang, Reci Kardiman, dan Nurhasni, didapatkanlah pemenang lomba bertutur tahun 2022 ini.


    "Dengan posisi pemenang harapan III adalah Izzahra dari SDN 007 Sedak, Pemenang Harapan II Michelle Sophia S, dari SDN 001 Tarempa, serta pemenang harapan I dimenangkan oleh Rahmat Welly S, dari SDN 004 Langir. Sedangkan untuk Juara III berhasil direbut oleh Yola Fiska Rani dari SDN 004 Langir dengan judul cerita Asal Usul Sungai Jodoh, dan Juara II direbut oleh Rafif Al Faridzi dari SDN 007 Belibak dengan judul cerita Asal Usul Pulau Pangeran. Dan terkahir Pada peringkat pertama, dengan perolehan nilai total sebesar 2.575, berhasil dimenangkan oleh Jeshira Ekhmalyani dari SDN 004 Letung dengan judul cerita Asal Usul Pulau Senoa", jelas Reni. 


    Sejumlah hadiah menarik seperti piala, sertifikat dan uang tunai diserahkan kepada para juara oleh Asisten Administrasi Umum, Andi Agrial. Sebagai penyemangat bagi para peserta lain, uang pembinaan juga diberikan kepada seluruh peserta yang belum berhasil menjadi juara. 


    "Kedepannya, diharapakan Lomba Bertutur akan dapat terus dilaksanakan karena kegiatan ini memberikan dampak yang begitu positif bagi perkembangan pendidikan anak di Kabupaten Kepulauan Anambas." ucap Reny Perdayanti.


    Adapun jumlah peserta pada kegiatan lomba bertutur ini berjumlah 16 orang, yang merupakan delegasi dari masing-masing kecamatan, yaitu Kecamatan Sintan, Siantan Selatan, Siantan Timur, Siantan Tengah, Siantan Utara, Palmatak, Jemaja, dan Jemaja Timur. (Fy)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini