• Jelajahi

    Copyright © antena.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan Pemda




    Sosialisasi RJ di Desa Tarempa Barat, Roy: Stigma Negatif Hukum Tajam ke Bawah dan Tumpul ke Atas Harus Hilang

    18/07/22, 17:37 WIB Last Updated 2022-07-18T10:47:30Z
    masukkan script iklan disini
    Kepala Cabang Kejaksaan Negeri (Cabjari) Natuna di Tarempa, Roy Huffington Harahap saat menyampaikan sosialisasi mengenai Restorative Justice kepada Masyarakat Desa Tarempa Barat. Senin, 18 Juli 2022.

    Anambas, antena.id - Cabang Kejaksaan Negeri (Cabjari) Natuna di Tarempa menggelar Sosialisasi Restorative Justice (RJ) di Desa Tarempa Barat. Senin, 18 Juli 2022.


    Sosialisasi tersebut dilakukan di Aula Kantor Desa Tarempa Barat dalam rangka menyambut Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-62 pada 22 Juli mendatang. 


    "Kami Kejaksaan melakukan sosialisasi terkait Restorative Justice (RJ). Dimana, RJ ini sangat harus diketahui (oleh masyarakat). Karena menurut saya, stigma negatif masyarakat terkait hukum tajam ke bawah dan tumpul ke atas harus hilang serta lebih humanis", ucap Kepala Cabjari Natuna di Tarempa, Roy Huffington Harahap saat dikonfirmasi oleh sejumlah awak media setelah sosialisasi.


    Roy juga menjelaskan, kegiatan sosialisasi RJ ini diutamakan di Desa Tarempa Barat. Hal ini dikarenakan jumlah penduduk yang mencapai hampir 3.000 jiwa


    "Dan insyallah terkait pembangunan rumah RJ, akan kita usahakan di setiap desa. Karena RJ ini sudah lama ada. Namun, terkait ranah penegakkan hukum, baru zaman pimpinan pak Jaksa Agung (Burhanuddin-red) beserta jajaran beliau (menerbitkan) Perja No 15 Tahun 2020 tentang Penghentian Penuntutan Berdasarkan Keadilan Restoratif", jelas Roy menerangkan. 


    Di kesempatan itu, Roy Huffington Harahap turut menyampaikan bahwa, pihaknya telah menyelesaikan 3 perkara dengan pendekatan Restorative justice. 


    "Perkara UU ITE, perkara UU Penipuan dan Penggelapan serta insyaallah besok Perkara Pencurian (kasus yang telah di RJ-Red)", ujar Roy.


    Kepala Desa Tarempa Barat, Asmarandi beserta jajaran staf dan Masyarakatnya foto bersama Cabjari Natuna di Tarempa usai sosialisasi Restorative Justice. 

    Terpisah, Kepala Desa Tarempa Barat, Asmarandi saat dikonfirmasi media ini mengatakan sangat mengapresiasi program yang dilakukan oleh Cabjari Natuna di Tarempa. 


    "Dengan adanya sosialisasi terkait RJ ini, saya sebagai Kades mengucapkan terimakasih kepada Kacabjari, dan mendukung penuh program-program dari Kejaksaan untuk masyarakat", kata Asmarandi. 


    Terakhir, Asmarandi juga menuturkan, Desa Tarempa Barat siap untuk membuat rumah RJ. Pihaknya juga akan segera berkoordinasi dan berkomunikasi dengan Cabjari Natuna di Tarempa terkait pembuatan rumah RJ tersebut. (WRV)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini