• Jelajahi

    Copyright © antena.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan Pemda




    DPC Apdesi Anambas Gelar Bimtek Pengelolaan Keuangan Desa

    08/12/22, 17:16 WIB Last Updated 2022-12-08T10:42:37Z
    masukkan script iklan disini

    Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa dalam Pengelolaan Keuangan Desa


    Kepri, antena.id - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa dalam Pengelolaan Keuangan Desa. 


    Acara tersebut diselenggarakan di salah satu hotel di Tanjungpinang dan berlangsung dari tanggal 7 hingga 10 Desember 2022 mendatang.


    Staff Ahli bidang Pemerintahan dan Hukum Provinsi Kepulauan Riau, Dr. Muhammad Dali,. MM mengatakan bahwa pemerintah desa merupakan bagian terdepan dalam melaksanakan tugas konstitusional kenegaraan yang memberikan pelayanan prima dan kesejahteraan masyarakat yang mandiri.


    "Salah satu unsur terpenting untuk mewujudkan pemerintah desa yang bersih dan baik atau good governance dapat dilihat dari cara mengelola keuangan dalam APBDes", kata Dali saat membuka acara Bimtek Pengelolaan Keuangan Desa mewakili Gubernur Kepri Kamis, 8 Desember 2022.


    Lanjut Dali menyampaikan, pada tahun 2022 ini Provinsi Kepri mendapatkan alokasi dana desa sebesar 209,4 M, yang mana alokasi tersebut mengalami penurunan sebesar 24,33% dari tahun sebelumnya sebesar 276,40 M. Kemudian tahun 2023 nanti naik 5,1% dari tahun ini yaitu sebesar 219,7 M atau rata-rata 790 juta perdesa.


    "Saya mengapresiasi kegiatan Bimtek Keuangan Desa ini. Semoga APDESI KKA dapat di contoh oleh APDESI kabupaten lainnya. Pesan saya kepada peserta Bimtek untuk dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius sehingga penerapan dapat diperoleh secara maksimal", ujar Dali.


    Terpisah, Ketua DPC APDESI Anambas, Aryadi saat dikonfirmasi oleh awak media mengatakan kegiatan APDESI ini terselenggara karena adanya niat baik dari 52 kades Se-Anambas.


    "Alhamdulillah kegiatan kami dapat dilaksanakan. Tentu tidak terlepas dari peranan kades-kades yang ada di Anambas untuk mewujudkan acara Bimtek Pengelolaan Keuangan Desa ini", ucap Aryadi saat coffee break di sela-sela kegiatan tersebut.


    Dia juga menyampaikan, tujuan kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan kapasitas aparatur desa dalam mengelola keuangan desa itu sendiri.


    "Di desa itu kan regulasinya selalu berubah-ubah setiap tahunnya. Hal ini pula yang mendasari kami menyelenggarakan Bimtek Pengelolaan Keuangan desa, guna mempertajam rekan-rekan kades dan aparaturnya dalam menjalankan regulasi yang telah dikeluarkan", tambah Aryadi yang sering disapa Adi.


    Masih kata Adi, kegiatan yang dilaksanakan ini juga merupakan bagian dari tanggungjawab APDESI dalam menjaga rekan-rekan kades yang ada di Anambas.


    "Dan mudah-mudahan dengan diadakannya Bimtek ini bisa meningkatkan etos kerja para kepala desa maupun aparatur desa Se-Anambas", kata Adi.


    Terakhir, Adi menyampaikan bahwa anggaran kegiatan Bimtek yang diselenggarakan oleh pihak APDESI ini bersumber dari APBDes masing-masing desa. 


    "Untuk transportasi dan akomodasi selama kegiatan berlangsung ditanggung oleh masing-masing rekan kepala desa yang ada", ucap Adi. (WRV) 
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini