• Jelajahi

    Copyright © antena.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan Pemda




    Musrenbang di Anambas Fokus dalam Persoalan Kemiskinan dan Stunting

    31/03/23, 23:17 WIB Last Updated 2023-03-31T16:17:47Z
    masukkan script iklan disini
    Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris secara resmi buka musrenbang RKPD Tahun 2024 .

    Anambas, antena.id - Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris, menyebut pemerintah daerah ini akan fokus dalam empat prioritas pembangunan khususnya upaya pengentasan kemiskinan dan stunting di Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).


    Hal itu disampaikannya saat menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Kepulauan Anambas tahun 2024 mendatang

    " Isu-isu yang menjadi perhatian kita
    bersama saat ini merupakan isu pengentasan kemiskinan dan stunting disamping isu pemilihan presiden, anggota legislatif dan kepala daerah," sebutnya beberapa waktu lalu.

    Lanjut ia mengatakan isu pengentasan kemiskinan dan stunting adalah dua isu yang saling mendukung dimana pengentasan kemiskinan dilihat dari sektor sosial dan sektor ekonomi yang akan menstimulan rasa kesetiakawanan sosial untuk membantu masyarakat Kepulauan Anambas.

    " Kita yang dalam kondisi tidak berdaya sehingga dapat berdayaguna dan isu stunting membuat kita lebih memperhatikan tumbuh kembangnya generasi penerus bangsa untuk menciptakan SDM tangguh," ungkap Abdul Haris.

    Selain itu, Abdul Haris juga menyampaikan saat ini isu kemiskinan ekstrem sedang mencuat dengan terbitnya Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem yang memerintahkan bagi pemerintah kabupaten agar dapat diperhatikan lebih serius.

    Adapun dalam upaya pembangunan itu dapat terwujud dengan beberapa strategi yaitu melaksanakan percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem di wilayah kabupaten/kota, menetapkan data sasaran keluarga miskin ekstrem berdasarkan hasil musyawarah desa atau kelurahan serta menyusun program dan kegiatan pada RKPD kabupaten/kota.

    Kemudian mengalokasikan anggaran pada APBD kabupaten/kota dalam rangka percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem, termasuk pemutakhiran data penerima dengan nama dan alamat (by name by address) dan memfasilitasi penyediaan lahan perumahan bagi penerima manfaat.

    " Tidak henti-hentinya marilah kita bangun kolaborasi bersama dalam mempercepat Pembangunan Kabupaten Kepulauan Anambas menuju kabupaten terdepan yang berdaya saing, maju, dan berakhlakul karimah (Anambas Bermadah)," ucapnya. (Fai)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini