• Jelajahi

    Copyright © antena.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan Pemda




    Pesantren Kilat Ramadhan di SMPN 2 Siantan Diajak Tetap Sabar dan Bersyukur

    27/03/23, 21:35 WIB Last Updated 2023-03-27T14:35:01Z
    masukkan script iklan disini

    Saat kegiatan pesantren kilat yang diadakan di sekolah SMP Negeri 2 Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas, Senin, 27 Maret 2023
     ( foto: untuk antena.id)

    Anambas, antena.id - Bulan suci Ramadhan 1444 H/2023 terdapat satu kegiatan agama yang tak pernah ketinggalan setiap tahunnya yakni pesantren kilat Ramadhan. Kegiatan pesantren kilat kerap kali diadakan di sekolah khususnya SMP Negeri 2 Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas.


    Pembina Agama Islam, SMP Negeri 2 Siantan, Dahrani, S.Pd.I, mengatakan pesantren kilat tahun ini dilaksanakan mulai tanggal 24 sampai dengan  27 Maret di SMP Negeri 2 Siantan.

    " Pada pesantren kilat itu materi yang diajarkan yaitu tentang tadarus, shalawat, dan shalat," ucapnya, Senin, 27 Maret 2023, di Tarempa.

    Ia menyebut setiap hari siswa secara berkelompok melaksanakan tadarus secara bersama, sehingga 30 jus Alquran bisa selesai dalam kurun waktu 2 hari.

    " Diiringi dengan shalawat penyejuk hati supaya para siswa lebih bersemangat. Dilanjutkan dengan materi shalat sampai praktik shalat," ucapnya.

    Selain itu, Dahrani, mengatakan materi shalat ini setiap siswa dibimbing agar bisa melafalkan dan mempraktikkan dari mulai niat sampai salam. Pada akhir kegiatan siswa itu di ajak nobar (nonton bareng).

    " Film mondok yang ditonton adalah film yang sangat mendidik, hikmah yang disampaikan dari film itu berupa seorang anak harus hormat kepada orang tua, kemudian seorang anak harus sopan kepada orang lain serta orang tua adalah guru pertama bagi anak-anaknya dan Ilmu agama adalah dasar dari segala ilmu," jelasnya.

    Masih kata dia, sebelum ditutup siswa diajak muhasabah diri agar bisa sabar menghadapi segala ujian dan bersyukur dengan apa yang ada termasuk bersyukur masih memiliki orang tua. (Fai)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini