• Jelajahi

    Copyright © antena.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan Pemda




    Dari Wilayah Perbatasan Bendera Merah Putih Berkibar Dibawah Laut Anambas

    17/08/23, 12:01 WIB Last Updated 2023-08-17T05:01:33Z
    masukkan script iklan disini

    Saat pengibaran bendera Merah Putih di dasar laut yang bertempat di Pantai Tanjung Momong, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau.

    Anambas, antena.id- Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tarempa melaksanakan aksi pengibaran Bendera Merah Putih di dasar laut dalam rangka menyambut perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), di pantai Tanjung Momong, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas, Rabu (16/08/23).


    Pengibaran di dasar laut itu, melibatkan unsur-unsur dari RHIB dan Patkamla Lanal Tarempa, RHIB Basarnas dan Speed Polairud Polres Anambas, Napoleon Anambas Dive Center (NADC) sebagai komunitas selam Anambas dan perwakilan instansi pemerintahan maupun swasta, pelajar, Pramuka Saka Bahari serta elemen masyarakat lainnya.

    Komandan Lanal Tarempa, Letkol Laut (P) Ibni Jauhari menyampaikan bahwa pengibaran bendera di bawah laut ini telah menjadi agenda rutin tahunan yang dikoordinir oleh Lanal Tarempa sebagai wujud rasa cinta tanah air serta kebanggaan masyarakat Kepulauan Anambas sebagai salah satu wilayah NKRI yang berada di perbatasan laut Natuna Utara.

    “Dalam rangka memperingati HUT ke-78 kemerdekaan Republik Indonesia ini, Pangkalan TNI AL Tarempa bersama komunitas selam lintas instansi atau sektor di Kepulauan Anambas Kepulauan Riau kembali menyelenggarakan pengibaran bendera merah putih di bawah laut,” ucapnya.

    Pada tahun 2023 ini, kata Letkol Laut (P) Ibni Jauhari lokasi kegiatan yang dipilih di pantai Tanjung Momong dan melibatkan partisipasi 25 penyelam dari berbagai elemen yang akan bertugas mengibarkan bendera dibawah laut.

    Lanjut Ibni Jauhari menyampaikan, kegiatan ini juga ditujukan untuk memupuk semangat nasionalisme sebagai negara maritim sekaligus mempromosikan keindahan dan keanekaragaman laut Kepulauan Anambas.

    “Terinspirasi dari semangat persatuan dan kesatuan para pejuang dalam memperjuangkan kemerdekaan RI, diharapkan soliditas dan sinergitas seluruh komponen masyarakat Kepulauan Anambas akan semakin kuat dan kokoh melalui partisipasi dan kerjasama seluruh pihak dalam menyukseskan kegiatan pengibaran bendera di bawah laut ini,” harapnnya.

    Sementara itu, Bupati Kepulauan Anambas, H. Abdul Haris mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh Lanal Tarempa, yang mana kegiatan ini biasanya bendera dikibarkan di darat namun kali ini bendera di kibarkan dibawah laut.

    “Kita ketahui bersama Kabupaten Kepulauan Anambas merupakan wilayah bahari yang 98 persen adalah laut dan dari moment ini kita tunjukkan kepada negara bahwa Anambas yang mayoritas laut tidak hanya mengibarkan bendera didarat tetapi juga mampu mengibarkan bendera dibawah dilaut,” ucapnya.

    Dikatakannya, kegiatan ini merupakan suatu kegiatan yang menunjukkan suka cita terhadap kemerdekaan diumur 78 tahun.

    “Ini merupakan suatu kegiatan yang suka cita dalam terutama memperingati ke-78 tahun Kemerdekaan kita masih diberikan kesehatan dan kesempatan hingga sampai saat ini. Hal ini tentu memberikan suasana yang lebih bermakna dan perubahan bagi bangsa dan negara terkhusus di Kabupaten Kepulauan Anambas,” imbuhnya.

    Selain Bupati Kepualauan Anambas dan Danlanal Tarempa, kegiatan juga dihadiri Kapolres Kepulauan Anambas, Pasops Lanudal Matak, Danramil 02 Tarempa, Kepala BPBD, Kepala Pos Unit SAR Tarempa, Kadis Damkar, Kakan Kemenag Anambas, perwakilan LKPPN Pekanbaru dan perwakilan Imigrasi. (*)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini