• Jelajahi

    Copyright © antena.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan Pemda

    Sesulit itukah Mencari Kerja Ditanah Sendiri?

    04/01/24, 11:26 WIB Last Updated 2024-01-04T04:26:32Z
    masukkan script iklan disini


    Khairul Humam, mahasiswa Program Studi Sosiologi STISIPOL Raja Haji, Tanjungpinang.

    Antena.id - Indonesia Terkenal akan kekayaan Alam yang melipah bahkan , Negara Indonesia juga sempat dijajah pada 350 tahun yang lalu karena memiliki alam yang kaya serta rempah rempah ,itu dahulu tapi sekarang negara yang meiliki kekayaan alam yang melipah ini masih saja terjajah dan belum mampu menciptakan lapangan perkerjaan untuk masyarakat ditempat itu semdiri masih memakai tenaga kerja asing untuk pembangunan


    Bahkan dinegara kita sendiri belum mampu untuk memproduksi sumber daya alam yang melimpah ini, sangat disayangkan sekali bahwa negara yag sebesar ini harusnya mampu menciptakan lapangan perkerjaan  dan mampu produksi barang mentah sehingga itu yang membuat angka pengangguran  terbuka sebesar 5,32%  atau sebesar 7,86 juta ini bukan jumlah yang kecil ,dari banyak nya pengangguran itu bersal dari lulusan sarjana bearti disini kita juga harus evalusi diri bagaimana terciptanya sebuah sumber daya manusia yang mampu menciptakan kreativitas dan inovasi untuk berkembangnya sebuah negara.

    Jumlah penggaguran yang tinggi ini juga menjadi sebuah permasalah bagi sebuah negara kerena dengan banyaknya penganguran maka tingkat kemiskinan  juga pastinya akan meningkat maka dari itu perlunya peningkatan skill setiap individu agar menjadi Negara yang memiliki potensi besar dan mudah untuk perekonomian negara kedepannya.

    Bahkan di negara Indonesia kebanyakan berpikir untuk masuk kerja melalui orang dalam atau orang terdekat sehingga mental untuk berjuang dan berkerja keras sangatlah sedikit, tolak ukur untuk sukses sangatlah masih jauh, apalagi kebanyakan masih gensi untuk berkerja yang menurut mereka memalukan.

    Dari sekian banyak masyarakat masih berharap menjadi ASN, atau PNS, padahal untuk memiliki perkerjaan apa saja yang penting bisa meningkatakan skill dan menambah pemasukan  apa lagi zaman yang semakin canggih, media massa menjadi tempat untuk menghasilkan uang, banyak sekali platfrom yang membua jasa dengan bayaran yang cukup tinggi, jadi yang perlu diperhatikan adalah bagaimana cara kita untuk mencari kerja serta kita juga harus tau potensi apa yang ada pada diri kita.

    Mencari pekerjaan di tanah sendiri bisa menjadi tugas yang sangat menantang. terlepas dari keberagaman peluang pekerjaan yang tersedia, proses mencari kerja sering kali diwarnai dengan sejumlah tantangan yang membuatnya tampak sangat sulit. beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam menyikapi kenyataan ini adalah:

    Pertama, persaingan di pasar kerja yang semakin ketat dapat membuat pencarian pekerjaan menjadi lebih sulit. Banyak orang yang bersaing untuk mendapatkan pekerjaan yang sama, dan ini bisa meningkatkan tingkat kesulitan.

    Kedua, faktor ekonomi dan kondisi pasar kerja lokal dapat memainkan peran penting. Jika perekonomian sedang lesu atau industri tertentu sedang mengalami ketidakstabilan, maka mencari pekerjaan bisa menjadi lebih sulit karena ketersediaan pekerjaan yang terbatas.

    Selain itu, terkadang faktor-faktor seperti koneksi sosial, pendidikan, dan pengalaman kerja sebelumnya dapat mempengaruhi seberapa mudah atau sulit seseorang mendapatkan pekerjaan. Orang yang memiliki jaringan sosial yang luas atau kualifikasi yang sesuai dengan tuntunan pekerjaan mungkin lebih mudah menemukan peluang kerja.

    Meskipun mencari kerja di tanah sendiri bisa sulit, tidaklah mustahil. Strategi yang tepat, ketekunan, dan kemampuan untuk terus mengembangkan keterampilan dan jaringan sosial dapat membantu seseorang mengatasi tantangan tersebut. Penting untuk tetap optimis, memanfaatkan sumber daya yang tersedia, dan terus berusaha meningkatkan daya saing diri dalam pasar kerja lokal.


    Tentang Penulis:

    Khairul Humam adalah mahasiswa Program Studi Sosiologi STISIPOL Raja Haji, Tanjungpinang

    *) Isi artikel ini menjadi tanggung jawab penulis sepenuhnya.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini